Senin, 21 Januari 2019

ROUTER

Pengertian Router

Jadi apa itu router? Router adalah perangkat keras dalam jaringan komputer yang dapat digunakan untuk mengubungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda segmen.

Router juga merupakan alat untuk mengirim paket dalam melalui jaringan atau internet untuk dapat menuju tujuannya atau biasa disebut dengan proses Routing.

Proses routing itu sendiri terjadi dalam lapisan 3 dari 7 lapis Osi Layer, Router terkadang digunakan untuk mengoneksikan 2 buah jaringan yang menggunakan media berbeda, seperti contohnya dari Ethernet menuju ke Token Ring. Dan itulah pengertian router.



Fungsi Router

Router mempunyai fungsi utama yaitu untuk membagi atau mendistribusikan IP address baik itu secara static maupun DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) kepada semua komputer yang terhubung ke router tersebut.

Dengan adanya IP Address yang unik yang diberikan oleh router tersebut kepada setiap komputer dapat memungkinkan setiap komputer untuk bisa saling terhubung serta melakukan komunikasi baik itu pada LAN ataupun Internet.

Pada saat ini perangkat router sudah sangat canggih dan modern. Untuk mendistribusikan IP address kepada setiap komputer pada suatu jaringan, fungsi router tidak saja hanya dapat untuk mengubungkan dengan sambungan kabel LAN, akan tetapi dapatteknologi wireless. Dengan demikian router pada saat ini sudah dapat disambungkan pada setiap PC, laptop, gadget, smartphone yang berada pada jangkauan router tersebut. Cukup dengan memanfaatkan sebuahgelombang radio yang dipancarkan oleh router tersebut. Itulah fungsi router.


Untuk lebih lengkapnya berikut ini beberapa fungsi Router antara lain sebagai berikut : 

1. Fungsi utama Router yaitu menghubungkan beberapa jaringan untuk menyampaikan data dari suatu jaringan ke jaringan lainnya. Namun router berbeda halnya dengan Switch, Karena kalau Switch hanya digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dan membentuk suatu LAN (Local Area Network). Sedangkan Router dapat digunakan untuk menghubungkan antar satu LAN dengan LAN yang lainnya.

2. Router juga dapat berfungsi untuk menstranmisikan informasi dari satu jaringan ke jaringan lain yang sistem kerjanya sama seperti Bridge.

3. Router juga dapat berfungsi untuk menghubungkan jaringan local ke sebuah koneksi DDL biasa juga disebut DSL router. Router ini umumnya memiliki fungsi firewall untuk bisa melakukan penapisan paket berdasarkan sumber serta alamat tujuan dari paket tersebut, namun akan tetapi tidak semua router memiliki fungsi yang sama. Router yang memiliki fitur firewall dapat juga disebut sebagai Packet – Filtering Router. Fungsi umum royter ini yaitu memblokir lalulintas data yang akan dipancarkan secara broad cast sehingga dapat mencegah terjadinya broad cast storm yang bisa menyebabkan kinerja jaringan melambat.

4. Membaca Alamat Logika / IP address source & destination untuk dapat menentukan routing dari suatu LAN ke LAN lainnya.

5. Menyimpan routing table untuk menentukan rute terbaik antara jaringan LAN ke WAN.
6. Bisa berupa “Box” atau sebuah OS yang dapat menjalankan sebuah daemon Routing.


Cara Kerja Router

Router Berkerja dengan cara merutekan paket atau data informasi yang disebut routing. Dengan teknik routing tersebut, router dapat mengetahui arah rute perjalanan informasi tersebut yang akan dituju, apakah berada pada satu jaringan yang sama atau berbeda. Jika informasi yang dituju mengarah kepada jaringan yang berbeda, maka router akan menerukannya kepada jaringan tersebut, atau sebaliknya apabila paket yang akan dituju adalah jaringan yang sama, maka router akan menghalangi paket keluar serta meneruskan paket tersebut dengan routing di jaringan yang sama sampai benar-benar terkirim ke tujuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sepak bola

Sejarah Singkat Sepak Bola di Dunia Sumber: grantland.com Sejarah permainan sepak bola dimulai di Tiongkok dari abad ke-2 dan ke-3 sebe...